Kamis, 14 Oktober 2010

Ketika Anak Demam

Apa itu Demam? Demam merupakan suatu kondisi tubuh dimana suhunya di atas kisaran normal. Hal ini bisa disebabkan karena kelainan di otak atau masuknya bahan asing yang bersifat racun ke dalam tubuh yang mempengaruhi pusat pengaturan tubuh.

Adapun penyebab timbulnya demam bisa karena infeksi bakteri sehingga timbul penyakit disertai demam, misalnya: Faringitis atau laringitis (radang tenggorokan). Selain itu bisa karena Infeksi virus, misalnya: Influenza, demam berdarah atau campak.

Ketika anak demam segera ukur suhu tubuhnya dengan cara yang benar. Pengukuran suhu tubuh bisa menggunakan termometer yang banyak di jual di apotek atau supermarket. Termometer anus biasanya lebih tebal dibandingkan dengan yang digunakan di mulut. termometer digital bisa di gunakan di mulut dan ketiak. jika menggunakan termometer air raksa, pastikan titik air raksa berada di bawah angka 35 C (95 F). kibas-kibaskan termometer tersebut atau basuh dengan air sebelum menggunakannya, kemudian di lap agar tidak basah.

Anak demam harus segera  ke di bawa ke dokter. Adapun kisaran suhu tubuh agar orang tua segera membawa ke dokter adalah:
  • Bila bayi berusia di bawah 3 bulan dengan suhu tubuh  di atas 38 C
  • Bila bayi berusia antara 3-6 bulan dengan suhu tubuh di atas 38,3 C
  • Bila bayi berusia di atas 6 bulan dengan suhu tubuh di atas 40 C
Tip Merawat Anak Demam
  1.  Mencegah terjadinya dehidrasi dengan cara memberikan cairan lebih banyak dari biasanya, berupa air minum, kuah sup, jus buah segar yang agak encer, es batu, es krim. Bila muntah atau diare, berikan minumuan elektrolit.
  2. Rungan di jaga agar tetap sejuk, bisa mengunakan kipas angin. Gunakan baju berbahan katun tipis sehingga panas tubuh cepat menguap. jangan menggunakan selimut yang tebal.
  3. Jika anak menggigil, gunakan selimut, kemudian segera angkat ketika tidak menggigil.
  4. Kompres dengan air hangat menggunakan handuk kecil, seka di seluruh permukaan tubuh. kalau sudah cukup letakkan handuk di pembuluh-pembuluh darah yang besar seperti di lipat paha dan ketiak, bukan di dahi.
  5. Kalau masih demam dan mencapai suhu 38,3 C berikan obat penurun panas (antipiretik) yang sudah biasa di gunakan. Demam berlanjut dan mencapai suhu 40 C segera hubungi dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar