Rabu, 05 Mei 2010

myfia: "ibu juga mual dan muntah"

Parah dan sangat membuat semua cemas kalau ibu fia sakit, khususnya penyakit yang satu ini yaitu MUAL DAN MUNTAH. Diam, tidak mau makan, tidak mau minum,raut muka menahan perasaan mual, kemudian terjadi muntah. Ya, mual dan muntah bisa terjadi pada semua orang, anak-anak, dewasa, laki-laki, perempuan dengan berbagai sebab.

Mual (nausea) adalah perasaan ingin muntah sedangkan muntah (vomiting)adalah keluarnya isi perut (lambung) melalui mulut. beberapa hal yang biasanya menyebabkan mual dan muntah:

- Adanya infeksi pada organ pencernaan
- Awal kehamilan
- stress
- Efek samping obat
- Mabuk perjalanan

Tips ketika merasa mual

Mengisi lambung (perut) dengan minum atau makan. Contoh: minum dengan tenang dan sedikit demi sedikit, bisa air hangat atau air jahe hangat atau jus apel. Jangan minum susu. Sedangkan untuk makanannya berupa bubur, roti atau craker (yang lunak). Bagi yang dalam perjalanan, duduklah di kursi paling depan,jangan melihat ke samping, pejamkan mata (tidur, asal jangan kebablasan), dan jangan membaca.Jangan tiduran dan bisa dengan mengalihkan perhatian seperti mengunyah permen karet.

Muntah deh

Mual tidak tertahan maka akan muntah, biarkan muntahan keluar, jangan ditahan apalagi dimakan...setelah muntah perbanyak minum air putih (paksakan)karena kalau tidak akan terjadi dehidrasi kecuali mau masuk rumah sakit. ya tinggal di inpus.Makan makanan yang lunak seperti bubur, bubur sumsum, nasi tim, pisang, jangan makan makanan yang padat sampai benar-benar berhenti muntah.Istirahat, jangan banyak aktivitas, dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada.

Segera lah minum obat untuk mencegah mual dan muntah yang berkelanjutan karena bisa berbahaya seperti terjadi luka pada sistem pencernaan (lambung, kerongkongan) atau konsultasikan dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar